Literasi TIK dalam Kehidupan Saya hingga 5 Tahun ke Depan

Dengan zaman yang semakin modern, literasi TIK sangat dibutuhkan karena dapat membantu memudahkan pekerjaan. Kemampuan untuk menggunakan teknologi dan alat komunikasi adalah bentuk dari literasi TIK. Teknologi yang saat ini berkembang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Contonya seperti aplikasi untuk memesan makanan, jika kita sedang sibuk sampai tidak sempat untuk pergi ke restoran atau rumah makan kita bisa memesannya langsung lewat aplikasi tersebut.

TIK yang sering digunakan dan sudah dikenal oleh banyak orang adalah internet. Dari internet kita bisa mendapatkan informasi terkini dari berbagai daerah di dunia. Untuk mahasiswi seperti saya internet sangat membantu dalam menyelesaikan tugas. Dalam bidang pendidikan, kelebihan TIK yang lain adalah adanya e-learning dan situs-situs belajar online.

Selain itu, internet juga memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan internet bisa saling bertukar pesan bahkan bisa juga melakukan panggilan dalam bentuk video. Perkembangan TIK yang semakin maju dimanfaatkan juga untuk berbisnis, sebagai tempat untuk mempromosikan dan menjual produk dari bisnis yang dijalani.

Namun, TIK juga mempunyai kekurangan diantaranya adalah maraknya tersebar berita-berita palsu dikarenakan bebasnya untuk menyebar informasi yang beredar tanpa memahami dahulu berita tersebut benar atau tidak. Lalu kebebasan berekspresi yang membuat seseorang bebas mengekpresikan dirinya seperti curhat di media sosial yang menjadikan privasinya terbongkar dan sudah menjadi konsumsi publik.

Literasi TIK sangat dibutuhkan oleh saya untuk 5 tahun ke depan karena zaman akan semakin maju yang otomatis teknologi sangat diperlukan dan semuanya akan serba online. Dan juga literasi TIK dapat saya manfaatkan untuk mengembangkan peluang bisnis saya di masa yang akan datang, juga dapat membantu pekerjaan-pekerjaan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *